Jumat, 22 Desember 2017

PROPOSAL TUGAS KOMUNIKASI BISNIS

TUGAS KELOMPOK
KOMUNIKASI BISNIS






      NAMA            : NPM
Annisa             : 11214346
Ari Andiko      : 11214529
Gusti Fattah    : 14214637
                     
Kelas 4EA04


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridoanNya, saya bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi saya sebagai pemilik usaha, investor, dan masyarakat pada umunya.
JAMUR CRISPY ialah nama yang saya buat untuk kegiatan usaha yang begerak di bidang produksi jajanan ringan.
Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, membantu saya, memberi saran dan masukan–masukan yang tentunya untuk menunjang kelancaran usaha ini. Khususnya kepada dosen pembimbing saya, yang sangat berperan dalam pengarahan kegiatan usaha ini.

DEPOK 12 Oktoberl 2017

Penyusun












DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………………………… 1
Bab I Pendahuluan
  1. Latar Belakang…………………………………………………….................…3
  2. Tujuan…………………………………………………………………………..3
Bab II Diskripsi Usaha
  1. Nama Perusahaan…………………………………………………………….4
  2. Identifikasi Usaha……………………………………………………………4
  3. Visi dan Misi…………………………………………………………………4
  4. Bentuk Bdan Usaha…………………………………………………………            4
  5. Struktur Oragnisasi………………………………………………………… 4
  6. Rencana Produksi……………………………………………………………5
  7. Recruitmen…………………………………………………………………..6
Bab III  Aspek Perencanaan Unit Usaha
  1. Aspek Pemasaran… ……………………………………………………………7
  2. Analisa SWOT…………………………………………………………………7
  3. Aspek Keuangan………………………………………………………………8
Bab IV Penutup
  1. Kesimpulan……………………………………………………………………….9
  2. Daftar Pustaka……………………………………………………………………9
Daftar Riwayat Hidup………………………………………………………………….10







BAB I
PENDAHULUAN
1.LATAR BELAKANG MASALAH
Pada zaman sekarang ini banyak jenis makanan yang beredar di pasar baik dalam kemasan ataupun yang di sajikan secara langsung, akan tetapi kebanyakan masyarakat pasti memilih makanan dalam bentuk kemasan. Karena lebih praktis, di samping itu juga masyarakat cenderung lebih memilih makanan yang enak, renyah, gurih, bernutrisi dan tentunya murah dan menyehatkan. Oleh karena itu, kelompok kami berinisiatif untuk melakukan inovasi pada jamur dengan membuat “JAMUR CRISPY” yang mempunyai berbagai macam pilihan rasa tentunya. Antara lain : rasa balado, pedas, original, dan rasa jagung.
Dalam pembuatan jamur crispy ini semuanya di buat dengan bahan yang halal dan aman di konsumsi. Kecuali bagi konsumen yang mempunyai penyakit khusus seperti alergi terhadap jamur. Selain itu juga jamur crispy ini sudah di periksa melalui tahapan pengecekan atau pemeriksaan yang sudah banyak dan di jamin untuk di konsumsi.
1.      Produk yang Dihasilkan
Jamur Crispy merupakan industri rumahan yang dalam proses produksinya bisa dalam skala kecil. Jamur Crispy sendiri dalam pengembangan ke-khasan rasa dalam isinya berfungsi sebagai penambah selera dan penarik perhatian calon pembeli. Sebab itu, inovasi dan kreatifitas adalah acuan besar dalam menjalankan usaha rumahan ini sehingga bisa bersaing dalam pasar yang semakin kempetitif dan dapat dinikmati masyarakat luas.
2.      Tujuan dan Manfaat
Tujuan kelompok kami dalam usaha menjual jamur crispy ini adalah :
1.      Menyarankan bahwa dalam melakukan usaha harus bisa menciptakan suatu produk yang baru.
2.      Meningkatkan suatu mutu kerja yang tinggi.
3.      Menerapkan kebersamaan dan saling berpendapat dalam menentukan kesepakatan.
4.      Mengembangkan jiwa kewirausahaan
5.      Memenuhi salah satu tugas mata pelajaran produktif
Manfaat jamur crispy yang kami jual antara lain :
1.      Memiliki kandungan gizi yang tinggi
2.      Berkhasiat untuk mengobati
3.      Mencegah penyebaran sel kanker, penyakit diabetes, dan radang hati yang menular
BAB II
DESKRIPSI USAHA
 1.NAMA PERUSAHAAN
Salah satu yang bisa menjadi “magnet” konsumen untuk melirik produk yang dihasilkan adalah dari segi penamaan. Maka dari itu, pengusaha pemula haruslah cerdas dalam pemilihan nama, sehingga nama produk yang akan dipasarkan dapat melekat diingatan masyarakat. Mengacu pada hal tersebut, terpilihlah nama usaha untuk industri rumahan ini adalah JAMUR CRISPY
2.IDENTIFIKASI USAHA
  • Nama Usaha                : JAMUR CRISPY
  • Pemilik Usaha             : Ari Andiko . A
  • Alamat Usaha                         : Jl.Dongkal Sukatani , Depok
  • Contact Person            : 085817452530
3.VISI DAN MISI
         Dalam suatu usaha pasti memiliki visi dan misi untuk memajukan usaha tersebut, tentu menjadi seorang pengusaha itu ingin usaha nya berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, jadi pasti sebuah perusahaan akan maju bila visi dan misi itu di lakukan dengan baik tanpa ada kesalahan sedikit pun, visi di sini berarti cita – cita atau impian yang ingin di capai di masa depan untuk menjamin kesuksesan jangka panjang, sedangkan misi berarti suatu tindakan untuk mewujudkan suatu visi tersebut.
         Tentu disini kelompok kami memiliki sebuah visi dan misi untuk usaha jamur crispy ini, dan Visi kami adalah :
1.      Menjadikan salah satu produk cemilan sehat untuk di konsumsi oleh konsumen
2.      Menjadi produk cemilan yang paling laku di daerah SMKN 4 DEPOK
Dan Misi kami adalah :
1.      Mengutamakan kualitas produk
2.      Selalu berinovasi pada produk tersebut
3.      Melayani konsumen dengan baik seperti dalam pemilihan varian rasa yang di inginkan konsumen.
Dengan menciptakan visi dan misi tersebut, kami berharap dapat terlaksana dengan baik  dan lancar  tanpa hambatan.
4.BENTUK BADAN USAHA
Bentuk badan usaha yang saya dirikan adalah perusahaan perseorangan. Dimana dalam menjalankannya bisa lebih efisien dalam bentuk laba dan operasional perusahaan.
5.STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi yaitu suatu bagan yang disusun untuk mempermudah dan mengetahui gambar secara sistematis mengenai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.
Dari struktur organisasi tersebut dapat dijelaskan bahwa pimpinan memegang kendali perusahaan, kemudian untuk melaksanakan usahanya dibantu oleh tenaga kerja dan bendahara atau administrasi.
Kewajiban dan tanggung jawab setiap bagan:
  • Owner : Bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berlangsung dalam proses usaha
  • Administrasi : Memegang kendali untuk masalah keuangan, keluar masuknya produk.
  • Tenaga Kerja :
  • Mengerjakan proses pre-produksi, proses produksi, dan post-produksi.
  • Memasarkan hasil produksi.
6.RENCANA PRODUKSI
Produk yang akan saya pasarkan adalah makanan ringan, berorientasi terhadap keinginan konsumen. Bahan utama yang digunakan tidak hanya rasa biasa pada Jamur seperti biasanya, namun juga berinovasi terhadap varian rasa.
Jamur Crispy
RASA
HARGA
Pedas Asin
Rp 5. 000,00
Jagung Bakar
Rp 5.500,00
Sapi Panggang
Rp 6.000,00
Pizza
Rp 6.000,00
Keju Original
Rp 6.000,00
Pedas Menggila
Rp 7.000,00
Mix 2 Rasa
Rp 7.000,00
Dilihat dari table diatas, dari segi rasa memiliki berbagai macam rasa yang akan memepengaruhi minat konsumen terhadap produk. Apalagi dengan bumbu yang meresap dan keju yang meleleh di dalam mulut menjadikan produk ini
Berikut bahan yang dibutuhkan dalam membuat Jamur Crispy.
Bahan baku :
·         5 Bungkus jamur                                                                                
·         Minyak 1 Kg                                                                                      
·         Tepung terigu 1 ½  Kg                                                                      
·         Telur ½ Kg                                                                                         
·         Garam 1 bungkus                                                                               
·         Baking powder 1 bungkus                                                                 
·         Penyedap rasa                                                                                  
·         Bumbu aida 3 rasa
·         Bubuk Perasa   
7.RECRUITMENT
Dalam usaha ini minimal memiliki tiga orang tenaga kerja untuk melakukan keseluruhan proses produksi, tentunya masing-masing tenaga kerja tersebut memilki keahlian yang dapat menunjang keberlangsungan perusahaan. Atau bisa juga mengambil tenaga kerja dari internal, misalnya sanak saudara, tetangga,  atau teman dekat.








BAB III
ASPEK PERENCANAAN UNIT USAHA
 8. ASPEK PEMASARAN
a. Segmentasi
            Segmenting adalah pembagian suatu konsumen yang heterogen ke dalam satuan konsumen yang homogen. Disini kelompok kami akan menjualkan produk keseluruh warga SMKN 4 DEPOK
b. Targeting
Targeting adalah memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar. Target pasar yang kami tuju adalah sebagai makanan konsumsi siswa-siswi SMKN 4 DEPOK untuk segala umur dan semua golongan, baik siswa-siswi kelas X, XI, maupun kelas XII.
c. Positioning
            Positioning adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat menciptakan kesan tertentu di benak konsumen. Seperti kelompok kita positionong nya yaitu “Jamur Crispy Keyekes Keyenyes”
Marketing Mix
            Strategi pemasaran kelompok kami menerapkan marketing mix yang di kelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu Product, Price, Promotion, Place.
a.       Product
Produk adalah segala sesuatu yang di tawarkan oleh produsen kepada konsumen agar diminta, dibeli, dicari, dan diinginkan oleh pasar yang bersangkutan. Produk  yang kami tawarkan yaitu produk jamur crispy yang memiliki kualitas terbaik, dengan nilai gizi yang tinggi, yang sekaligus dapat menyehatkan dan berkhasiat obat. Sebagai makanan vegetarian, jamur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena mengandung asam amino, essensial, protein tinggi, vitamin, mineral, dan serat yang cukup tinggi. Khasiat nya untuk mencegah darah tinggi, diabetes, anemia, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
b.       Price
Price merupakan ekspresi nilai yang mengenai kegunaan atau kualitas produk itu sendiri, citra yang terbentuk kelompok kami yaitu melalui promosi, selain itu ketersediaan produk kami melalui pelayanan sehingga pricing bukan semata-mata biaya produksi dan keuntungan saja yang kami ambil, melainkan sebuah nilai yang mencerminkan. Dalam menentukan harga jamur crispy ini, kami memberikan harga yang tepat kepada konsumen agar ikatan antara produsen dan konsumen berjalan dengan baik. Harga yang di tawarkan oleh kelompok kami adalah satu bungkus Rp. 5.000,00 s/d 7.000
c.       Promotion
Promotion adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dalam mempromosikan produk, promosi yang kita lakukan melalui brosur dan tatap muka langsung dengan konsumen yaitu dengan melakukan proses komunikasi tentang produk kami jamur crispy. Bahwa produk jamur crispy kami banyak manfaatnya, selain itu kita sebagai produsen harus bisa memberikan komunikasi yang efektif mudah dimengerti oleh konsumen, sehingga konsumen tertarik pada produk kami.
d.      Place
Place adalah bidang atau wadah yang digunakan sebagai tempat  usaha yang akan kita jalankan nantinya. Kita harus memilih tempat usaha yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan untuk kita. Maka dari itu tempat yang kita pilih harus memiliki kriteria sebagai berikut :
1.      Strategis
2.      bisa diakses dengan mudah
3.      dapat dilihat oleh konsumen

Analisis SWOT
            Perkembangan dunia usaha saat ini mengalami kemajuan cukup pesat, namun tingkat persaingan cukup ketat, disamping itu banyak bermunculan berbagai macam jenis produk baru, yang mempunyai satu tujuan yang sama yaitu keinginan untuk bisa menghasilkan produk yang bermutu dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan atau konsumen serta memperoleh keuntungan yang besar.
Analisis disini diperlukan untuk menentukan apakah usaha yang dilakukan sekarang cukup layak dari segi bisnis dalam arti bisa dipasarkan secara luas namun bisa diterima Siswa SMKN 4 DEPOK oleh karena itu kami mencoba menganalisis pemasaran jamur crispy sesuai SWOT, sedangkan ANALISIS SWOT  adalah suatu audit pemasaran yg rutin dan menyeluruh dalam suatu langkah yang terstruktur dapat memberi suatu perusahaan pengetahuan akan bisnis, trend di pasar, dan dimana perusahaan pesaing memberi nilai tambahan.
a.       Strengths (Kekuatan)
Dalam usaha produk Jamur Crispy ini memiliki Strengths (Kekuatan), antara lain :
1.      Bahan baku yang mudah di dapat dan murah
2.      Tidak tergantung pada musim, karena jamur crispy lebih mudah di dapatkan dan
3.      Harga jual relative stabil, sehingga resiko kerugian sangat kecil
4.      Bisa dijalankan oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang pendidikan, asal ada kemauan dan keseriusan pasti bisa menjalankan usaha ini
5.      Perawatan yang mudah dan murah, karena tidak memerlukan biaya tambahan


b.      Weakness (Kelemahan)
Dalam usaha produk Jamur Crispy ini memiliki Weakness (Kelemahan), antara lain :
1.      Jamur yang mudah busuk sehingga dapat menurunkan kualitas
2.      Susah menjaga kepercayaan terhadap pelanggan jika bisnis ini secara online
3.      Jika terjadi perubahan suhu atau cuaca yang sangat ekstrim bisa mengakibatkan penurunan kualitas produk
4.      Produk kami tidak tahan lama

c.       Opportunities (Peluang/Kesempatan)
Dalam usaha produk jamur crispy ini memiliki Opportunities (Peluang/kesempatan), antara lain :
1.      Peluangnya cukup besar untuk di kembangkan
2.      Memberikan keuntungan yang cukup besar
3.      Banyak orang indonesia yang menyukai jenis makanan vegetarian

d.      Threats (Ancaman)
Tentu dalam suatu usaha produk pasti memiliki ancaman, bagi kelompok kami, ancaman di dalam usaha jamur crispy kami antara lain :
1.      Produk mudah ditiru
2.      Terbatasnya bahan-bahan yang di butuhkan
3.      Banyak pesaing yang menawarkan harga yang lebih murah







ASPEK KEUANGAN
  1. Alokasi Dana
  • Modal Usaha
Modal Sendiri
Rp    500.000
Modal pinjaman
Rp    500.000
Total
Rp 1.000.000
  • Perhitungan Keuangan
Biaya tetap (fixed cost)
Rp    200.000
Biaya variable :
Biaya Bahan baku
Rp    400.000
Biaya Promosi
Rp    100.000
Biaya Sewa Tempat Usaha
Rp    200.000
Biaya lain-lain
Rp    100.000
Total
Rp 1.000.000





2.       Perhitungan Laba
  • Estimasi
Harga bahan baku per bungkus (Rp 300.000/100)
Rp         3.000
Harga Jamur Crispy /porsi (diambil dari rasa favorit)
Rp         6.000
Pendapatan per hari (Rp 6000 x 100)
Rp  600.000
  • Pengeluaran
Bahan Baku (Rp 3.000 x 100)
Rp 300.000
Bahan Packing ( Rp 500 x 100)
Rp 50.000
Total
Rp 350.000
Jadi, untuk pengeluaran perbulan : Rp 350.000 x 26 Rp 9.100.000
  • Pendapatan
Hari efektif penjualan
26 hari
Pendapatan per hari
Rp 600.000
Pendapatan per bulan
Rp 600.000 x 26 = Rp 15.600.000
Laba yang diinginkan Rp 4.000 – Rp 3.000 =       Rp 1.000 x 200
Rp 200.000/hari
Rp 5.200.000/bulan

BAB IV
PENUTUP
Demikianlah proposal ini kami buat, semoga proposal ini bisa membantu anda untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses dan menjadikan suatu ide bagi seseorang yang mempunyai keinginan untuk berwirausaha. Semoga allah swt memberikan perlindungan dan rezeki bagi kita semua, atas perhatian nya dan kerja sama nya kami mengucapkan terima kasih.
a.       Kesimpulan
            Menurut kelompok kami dalam mengembangkan suatu usaha itu harus mempunyai kemauan dan tentunya berusaha bahwa kami pasti bisa, bisa untuk memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen dan tentunya tidak mengecewakan konsumen. Dan disaat itulah pasti usaha yang kita lakukan bisa tercapai dengan sukses.
b.      Saran
            Kelompok kami menyarankan bahwa membuat suatu produk makanan itu mudah, hanya berbekal niat, bersungguh-sungguh, dan kemauan untuk berusaha.
c.       Motto
            Dalam melakukan suatu usaha, jika kita sudah niat, berdo’a, dan berusaha pasti usaha yang kita jalankan akan selalu sukses dan berjalan dengan lancar.


1 komentar:

  1. Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
    Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
    Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.

    Salam Hormat Saya,
    Anya Bennett.

    BalasHapus